Evaluasi Akhir Semester | Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja A

Soal 1

Konsep dan deskripsi yang mendata gedung yang bisa digunakan untuk acara/ event dan memberikan penawaran kepada Event Organizer. (Mandiri - Waktu pengerjaan hingga hari Selasa 07 Juni 2022 pukul 10.00)

Jawaban:

Deskripsi Umum dan Aktor

Sistem akan berbasis web dan dibuat responsive agar user nyaman menggunakannya baik dari handphone maupun dari PC. Terdapat 3 aktor dalam sistem yang saya ajukan, yaitu:
1. Admin

Aktor dapat mengakses halaman khusus admin yang tidak dapat diakses dua aktor lainnya. Pada halaman tersebut, admin dapat mengakses database yang berisi informasi akun-akun yang terdaftar pada sistem. Hal ini bertujuan agar admin dapat membantu provider dan/atau pengguna biasa jika didapati kendala yang berhubungan dengan akun yang mereka miliki. Admin juga ditugaskan untuk me-maintenance sistem dan meng-upgrade-nya bila diperlukan.

2. Penyedia

Ditujukan untuk para penyedia gedung untuk acara pernikahan. Aktor ini dapat melihat siapa saja yang menyewa gedung yang mereka miliki. Selain itu, mereka juga dapat mengubah secara manual tanggal tersedianya gedung yang mereka miliki (tidak harus satu gedung) jika ada yang menyewa gedung mereka secara off-system. Aktor ini juga dapat mencetak laporan penyewaan yang terjadi selama rentang waktu tertentu. 

3. Penyewa

Ditujukan untuk para pencari gedung untuk acara pernikahan. Aktor ini dapat memfilter gedung-gedung yang tersedia di Jakarta berdasarkan tanggal, harga, dan lokasi. Aktor juga dapat mencari gedung spesifik berdasarkan nama gedung dan/atau Penyedia gedung tersebut.

Fitur yang Terdapat pada Sistem

1. Sistem dapat menghubungkan penyewa dan penyedia lewat fitur chat.
2. Sistem dapat menampilkan gedung yang sesuai dengan preferensi penyewa.
3. Sistem dapat menampilkan rekap penyewaan gedung kepada penyewa.
4. Sistem dapat memerantarai pembayaran antara penyewa dan penyedia.
5. Sistem dapat menyarankan tanggal yang berdekatan dengan tanggal yang dipilih penyewa jika pada tanggal tersebut, gedung yang dipilih penyewa sudah disewa.
6. Sistem dapat memerantarai penyewa, penyedia, dan admin agar penyewa dan penyedia dapat melaporkan kendala yang mereka temui pada saat menggunakan sistem kepada admin. (Help Center)

Soal 2

  1. Implementasikan dengan menggunakan Framework sistem informasinya. Framework yang digunakan bisa NET, CI, Laravel, atau Google Apps  (bisa dikerjakan berkelompok maksimal 4)
  2. Hostingkan sistem informasinya, kemudian buat video demo dan presentasi kemudian upload di Youtube
  3. Buat laporan di blog beserta link hosting, dan juga embedded videonya. Waktu pengerjaan hingga hari Sabtu 11 Juni 2022 pukul 12.0
Jawaban:

Anggota Kelompok:

Nadya Permata Sari | 5025201015
Reyner Fernaldi | 5025201094
Graidy Megananda | 5025201188
Made Rianja Richo Dainino | 5025201236

======================================================

Aplikasi yang kami buat berjudul "CariGedung". CariGedung akan mengakomodasi pemesanan sebuah gedung untuk segala acara, misalnya acara pernikahan, rapat, atau acara lainnya. Akan ada 2 jenis user yang dapat mengakses, yaitu Admin dan Customer / Event Organizer. Admin dapat melakukan manajemen user, manajemen transaksi, manajemen gedung, manajemen acara, manajemen kalender.

Tampilan utama Cari Gedung adalah untuk Login akun. Berikut tampilannya :




- Alur login sebagai Admin

Untuk login sebagai admin, silakan memasukkan email dan password admin.




Tampilan Dashboard :



Selanjutnya akan mengarah ke section User Management. Section ini akan memberikan 3 fitur, yaitu fitur Permission, Roles, dan Users. Tampilan User Management (Permission) :


Tampilan User Management (Roles) :



Tampilan User Management (Users) :


Selanjutnya ke section Transactions. Tampilan Transactions :


Setelah itu section Buildings. Tampilan Buildigs :


Setelah section Buildings, tersedia section Events. Tampilan Events :







Selanjutnya, Admin juga dapat melakukan manajemen kalender di section Calendar. Tampilan Calendar :



Dan yang terakhir di bagian Admin adalah fitur Search Building dengan tampilan sebagai berikut :






- Alur login sebagai Customer / Event Organizer 

Untuk login sebagai customer / event organizer, silakan memasukkan email dan password customer / event organizer.
Tampilan selanjutnya adalah section My Credits.


Selanjutnya, hampir sama seperti menu pada Admin yaitu Calendar dan Search Building. Berikut tampilannya :






Berikut Link Github Kelompok kami : Github
Video demo kelompok :


Comments

Popular Posts